Sunday, July 21, 2013

Stitching

Heeey! Apa kabar semua? Huaa ujung-ujung jari tangan kiri gw pada merah dan sakit semua niih gara-gara baru pertama kali belajar main gitar hari ini, haha. Tapi sebenernya bukan tentang itu sii yang mau gw share. Sebenernya gw mau nge-share mengenai kerajinan tangan lagi nih. Tapi kali ini gw akan ngebahas mengenai kerajinan tangan yang lain lagi,  yang berbeda dari posting-an gw yang sebelumnya. Kali kerajinan tangan yang akan gw bahas berhubungan dengan benang. Yuk coba kita liat!

 Pernah liat kain dengan motif-motif kaya gini?
Sumber: http://www.periwinklepromises.com/petites.htm

Cantik yaa? Ini dibuat pake tangan lhoo. Sangat kreatif dan indah. Gw juga pernah waktu SMP bikin. Saat itu gw disuruh guru KTK (kalo ga salah namanya masih itu) gw untuk bikin motif-motifan kaya gitu di kain yang bolong-bolong sama kaya di atas. Lupa apa namanya tuh kain, hihi. Awalnya males gitu kaan bikin-bikin kaya gitu. Eh tapi karena takut ga dapet nilai, akhirnya gw bikin juga deh, hehe. Dan setelah nyoba bikin, malah ketagihan buat nyelsain itu kain sampe penuh dengan motif-motif kreatif, haha.

Yuuuuup! Kerajinan tangan ini dinamakan "stitching" (gw ga tau kalo dalam bahasa Indonesia tuh kata apa artinya, abis kalo cek di om google ga yakin gw kalo itu artinya :p). Hiasan ini biasanya bisa kita liat ada di hiasan untuk tas, tempat hp, sarung bantal, daaan lain-lainnya. Nah, sewaktu-waktu gw pengen ngasih hadiah handuk kecil untuk teman terdekat gw, tapi ga sekedar handuk kecil biasa, harus ada sesuatu yang spesial di sana. Daan gw kepikiranlaah dengan seni stitching ini yang dulu pernah gw pelajari semasa SMP. Nah, mulai tuh gw mencoba mencari referensi melalui om google motif-motif apa yang bakal gw bikin. Daan ketemulah ini blog http://cross-stitch-addict.blogspot.com/. Huaa lucu-lucu bangeet motifnya. Ada gambar anjing, kucing, peri, dan banyak lagi deh. Ada langkah-langkahnya lagi dan seberapa ukuran itu gambar bisa ada di kain bolong-bolong itu. Dan semuanya itu juga bisa lo download bentuk PDF nya, jadi ga repot deh. 

Akhirnya gw mengambil dua motif untuk gw bikin, motif anjing dan motif beruang. Kenapa gw ambil dua motif? Karena gw akan ngasih dua handuk untuk dua orang terdekat gw, satunya temen gw curhat di kampus, yaitu Frillia Ika Kusuma Putri, dan yang satu lagi adalah si Kebo Buntel Gempil Bakpao, alias akang Eno Bening Swara (pacarkuu, hehe >.<). Ini adalah motif pertama yang gw ambil yang berbentuk sesuatu yang cukup besar. Biasanya kan pas di SMP cuma yaa segaris kecil udaah, haha. Awalnya gw bikin tuh motif yaa lumayan gampanglaah. Tapi pas di tengah-tengah lo bakalan bingung ini benang harus kemana dan yang ini kemana. Sempet gw beberapa kali udah menyulam tuh benang ke kain bolong-bolong itu kaan, tapi ternyata salah dan harus gw copot lagi tuh benang dan diulang lagi. Tapi untungnya kesalahannya ga fatal banget, jadi ga menghancurkan karya gw yang udah separuh jalan itu :D Pokoknya harus bener-bener sangat teliti deh. Gw aja nengok ke kertas lembaran PDF yang udah gw print itu mulu. waah, bener-bener tuh PDF sangat membantu! Terima kasih banyak yaa Cross Stich Addict!


Sampai akhirnya jadilaaah kedua motif ituuu. Eng ing eeeng!!

 Ini adalah motif beruang di handuk kecil yang gw kasih ke Frillia.

Dan yang ini adalah motif anjing yang ada di handuk untuk si Kebo Buntel Gempil Bakpaooo! Hahaha!

Gimana? Gimana? Bagus ga? Gw seneng sekali lho saat kedua motif itu jadi karena hasilnya ga jelek-jelek amat walau bikinan gw untuk pertama kali motif-motif besar kaya gitu, hihi. Pokoknya banggalah. Hope both of you like it! :)

No comments:

Post a Comment